KATA PNGANTAR
Puji dan syukur
penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal mengenai “Makanan
Tahu TAHU RAMBUTAN”.
Proposal
ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan (ENTREPREUNERSHIP)
Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Dalam
pembuatan proposal ini, penulis menyadari bahwa dalam proses pembuatannya tidak
lepas dari peranan dan bantuan dari berbagai pihak.
Oleh karena
itu, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan
ucapan terima kasih kepada : Bapak Drs. Zelhendri Zen,M.pd dan bapak Dedi
Supendra, S.pd.,MA selaku dosen pengajar Mata Kuliah Kewirausahaan yang telah
memberikan arahan, saran dan petunjuk dalam pembuatan Proposal ini. Bapak dan
Ibu yang kami sayangi dan orang tua yang selalu mendoakan dan
memberikan dukungan selama ini. Dan Teman-teman seperjuangan yang telah
memberikan masukan terhadap pembuatan proposal ini.
Kami
berharap semoga Proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan
semua kalangan.
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................
KATA
PENGANTAR..............................................................................................
DAFTAR
ISI..........................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................
1.1 Latar Belakang
Usaha................................................................................
1.1.1
Visi.......................................................................................................
1.1.2
Misi......................................................................................................
1.1.3
Tujuan...................................................................................................
1.2 Profil
Usaha..............................................................................................
BAB II
PRODUK.....................................................................................................
2.1
Macam Produk..........................................................................................
2.2
Bahan dan Alat...........................................................................................
2.3
Cara atau Proses Pembuatan
Produk.........................................................
BAB III
PEMASARAN...........................................................................................
3.1
Strategi Pemasaran....................................................................................
3.2
Analisis SWOT..........................................................................................
3.3
Struktur Organisasi....................................................................................
BAB IV PERHITUNGAN
KEUNTUNGAN............................................................
4.1
Modal........................................................................................................
4.2
Perhitungan Keuntungan.............................................................................
BAB V
PENUTUP....................................................................................................
5.1
Kesimpulan................................................................................................
5.2
Saran.........................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis adalaha
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya untuk mendapatkan laba. Selain itu bisnis juga adalah
sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang
prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus
dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan
mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Setiap
orang pasti ingin menjadi Bos di bisnis atau usaha-nya
sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempit-lah yang seumur hidup ingin
menjadi orang gajian. Banyak
sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah
cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya
kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa.
Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi
sebuah harapan yang belum pasti.
Usaha adalah suatu
bentuk yang dapat menghasilkan uang dan dapat meningkatkan taraf hidup
seseorang untuk menjadi lebih baik. Suatu usaha yang kita jalani dapat
menghasilkan laba semaksimal mungkin jika kita tekun dalam menjalani
usaha tersebut.
Banyak
cara yang dilakukan oleh seseorang dalam memulai atau menjalani kegiatan usaha
seperti sistem retail atau membuat sendiri produk yang akan dijual. Kegiatan
usaha dengan cara membuat sendiri makanan yang akan dijual akan lebih banyak
kelebihannya dibandingkan sistem atau cara kegiatan usaha lain. Selain makanan
yang dijual lebih menarik minat, tentu cara ini lebih mudah dalam menafsirkan
atau menargetkan laba dengan membuka usaha yang akan dijual atau dipasarkan ke
konsumen.
Peluang usaha
di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang
melatarbelakangi berdirinya sebuah tempat makan berbasis one stop for Tahu
Gimbal.. Dewasa ini Tahu Gimbal adalah makanan yang
sangat langka, yang umum dikembangkan sebagai
makanan khas Semarang. Untuk itulah usaha ini
membantu menunjukkan nyali anda untuk berbisnis Tahu Rambutan .
Wirausaha adalah
seorag yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber
daya dan upaya meliputi kepandaian mengenai produk baru, menentukan cara
produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan prduk baru, memasarkannya serta
mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih
tinggi.
Kewirausahaan adalah
seorang manajer resiko(risk manager) dalam mengoptimakan segala sumber
daya yang ada baik material, intelektual, waktu dan kemampuan kreatifitasnya
untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya
dan bagi orang lain.
Zaman
dahulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah,
ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah,
dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak
begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan
yang mereka beli. Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat
kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung
dalam makanan tersebut, baru memikirkan harga. Bukan hanya Tahu Gimbal yang
memikat selera pengunjung.
Dari
segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dari segi harga, harga Tahu
rambutan mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.

Keunggulan
produk Selain cara pembuatan nya yang
sederhana, harga juga tidak terlalu mahal. Pada menu Tahu rambutan ini
juga disisipkan bumbu rahasia, yang menjadi kunci kelezatan kuah kacang
tersebut. Adapun rasa gurih kuah berasal dari satu bumbu utama yang
konon sangat berkhasiat bagi kesehatan..
1.1.1 VISI
Menjadikan rumah makan” Tahu
Rambutan” mampu mencapai dan menembus hingga masyarakat luas,berorientasi
pada harapan konsumen,kesehatan makanan,dan kepuasan bagi pihak konsumen.
1.1.2 MISI
Proses produksi yang higienis baik dari
tempat, alat dan bahan-bahan yang digunakan.
Menerapkan
pelayanan prima (sikap yang sopan dan ramah, pelayanan yang cepat dan baik).
Menjaga cita
rasa makanan.
Dengan rasa
yang khas dan harga yang terjangkau diharapkan memuaskan konsumen.
Memperkenalkan Tahu
Rambutan kepada masyarakat.
Membuat
makanan “Tahu Rambutan” ini menjadi digemari oleh semua kalangan
Masyarakat.
Memberikan
kesehatan makanan yang terjamin.
Menciptakan
usaha makanan yang sehat.
Memberikan
kepuasan bagi pihak konsumen.
1.1.3 Tujuan
Makanan Tahu
Rambutan berdiri mempunyai latar belakang
& tujuan untuk meningkatkan EFISIENSI. Saat ini cabang yang berada di
wilayah Medan dan sekitarnya adalah penghasil omzet terbesar untuk Tahu
Rambutan . Bahkan rata-rata omzet harian
mencapai 70% omzet usaha. Dengan didirikannya Rumah makan Tahu
Rambutan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan
rasa yang nikmat. Dengan adanya pengelolaan secara mandiri ini, peng-investor
akan mendapatkan benefit lebih, diantaranya:
1. Investor
dapat keuntungan selain dari usaha holat yaitu usaha ini memiliki divisi
pribadi yaitu khusus bagi pegawai, divisi ini bisa dikelola oleh cabang masing
– masing tetapi manajemen perencanaan pelaksanaan tetap dipegang oleh rumah
makan.
2. Kemudahan
melakukan kontrol usaha karena disediakan jarinngan yang tersebar luas ini
sangat bermanfaat untuk menambah strategi atau mempelajari pada pebisnis
seperti jumlah costumer, pelayanan pada costumer pada cabang lain melalui
jaringan Tahu Rambutan ini.
3. Sistem
bagi hasil yang transfaran, ter-audit dan mudharobah.
4. Mendapat
dukungan yang hebat dengan khursus pegawai karena ini menjadi divisi
perusahaan Tahu Rambutan.
5. Cabang
yang diinvestasikan oleh investor telah terbukti di seluruh Indonesia.
6. Investor
dapat menambah menu tambahan seperti minuman dan snack tapi dengan
ketentuan MAKANAN Tahu Rambutannya-lah
menu andalan tiap cabang.
1.2 Profil
Usaha
Menjelaskan
tentang :
1. Jenis
Usaha : Tahu
Rambutan
2. Nama
Perusahaan : Makanan Tahu Rambutan
3. Nama
Pemilik :
4. Lokasi :
Jl.patenggangan Gg E NO 10
Nama dan Lokasi Tempat Usaha yaitu :
Nama
usaha : ” Tahu
Rambutan ”
Lokasi
usaha yang akan dibangun terletak di Jl.patenggangan Gg E NO 10
, strategis, terletak di kawasan mahasiswa
dosen dan para pegawaidan pelajar, kawasan elit, cocok buat usaha ini.
Dimana
lokasi Rumah makan ini akan memperhitungkan :
· Lokasi
yang cukup ramai penduduk.
· Lokasi
mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
· Lokasi
terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh
keperluan-keperluan lain selain untuk usaha Rumah Makan.
BAB II
PRODUK
2.1 Jenis produk
Dari
usaha ini jenis produk atau makanannya adalah Tahu Rambutan
2.2 Bahan / Alat Produk
Bahan yang dugunakan dalam
pembuatan Tahu Gimbal sebagai berikut :
Bahan :
a. Tahu
pong 8 buah.
b. Telur
ayam 4 butir, rebus, kupas.
c. Tauge
panjang 100 gram, seduh dengan air hangat.
d. Bawang
goreng 2 sendok makan.
e. Garam
½ sendok makan.
f. Minyak
goreng secukupnya.
g. mie instan 4 bungkus
Gimbal Udang :
a. Tepung
terigu protein sedang 125 gram.
b. Bawang
putih 2 siung, haluskan.
c. Udang
100 gram, buang kulit dan kepalanya.
d. Merica
bubuk ½ sendok teh.
e. Garam
secukupnya.
f. Air
200 ml.
Bumbu Petis :
a.
Bawang putih 2 siung, haluskan.
b.
Cabe rawit hijau 10 buah,
haluskan.
c.
Petis udang 4 sendok makan.
d.
Kecap manis 2 sendok makan.
e.
Gula merah 1 sendok makan.
f.
Garam secukupnya.
g.
Air 300 ml.
h.
Minyak goreng 2 sendok makan
2.3 Cara atau proses Pembuatan
Produk
Cara Membuat
Resep Cara Membuat Tahu Rambutan :
1.
Goreng tahu dan telur secara
terpisah hingga kering, tiriskan. Tahu dipotong dadu dan telur dibelah 2.
2.
Gimbal udang : campur
tepung bersama bawang putih, merica dan garam, aduk rata, tuang air sedikit
demi sedikit hingga adonan kental. Tuang 1 sendok sayur adonan,taruh udang di
atasnya. Dan goreng hingga matang, angkat dan tiriskan.
3.
Bumbu petis : panaskan
minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabe rawit,petis, kecap
manis, gula merah, garam, tuang air dan masak hingga mendidih, angkat.
4.
Letakkan tahu pong dalam piring
saji, tambahkan gimbal udang, tauge dan telur goreng, tambahkan bumbu petis dan
taburi bawang goreng. Sajikan
Dan jangan lupa untuk menambah
sensasi gurih anda bisa menggoreng terlebih dahulu sayurannya. Serta gunakan
air jeruk untuk membantu menghilangkan bau amis udang.
BAB III
PEMASARAN
3.1 Strategi
Pemasaran
a. Target
Pasar
Segmentasi Pasar Produk yang saya buat baik dia
kalangan atas maupun kalangan bawah, karna selain harga yang
bervariatif, mudah dijangkau semua kalangan masyarakat. Holat
juga mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai penyakit.
b. Aspek
Pemasaran dan Penawaran
Pemasaran yang
dilakukan oleh usaha ini menggunakan sosial media sebagai sarana promosi,
seperti facebook, twiter, instagram dll. Hal ini dilakukan karena semakin
pesatnya penggunanaan media elektronik dalam pemasaran suatu produk. Selain itu
pemasaran juga dilakukan melalui kerjasama dengan usaha-usaha yang memerlukan
Telor ayam dengan sekala besar dan langganan tertentu yang rutin
membeli untuk dipasarkan kembali di tempat lain. Target konsumen adalah
masyarakat di daerah sekitar dari semua golongan baik usia muda maupun tua.
Sarana Yang
Digunakan yaitu sarana bergerak dan sarana tidak bergerak meliputi :
1. Sarana bergerak (Antar
Langsung Ketujuan)
2. Sarana tidak bergerak
(Rumah Makan)
Penawaran yang
dilakukan ialah dengan cara memasang papan nama didepan tempat usaha, dari
mulut ke mulut yang dilakukan konsumen yang tau dan pernah mengkonsumsinya.
Sistem penjualan yang digunakan adalah langsung dan menerima pesanan lewat
telepon.
3.2 Analisis
SWOT
a) Strength
(Kekuatan)
1. Harga
produk ekonomis,
2. Kebersihan
produk terjamin,
3. Produk
yang kami tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat berbahaya
lainnya,
4. Produk
yang ditawarkan merupakan makanan yang sudah tidak asing dengan lidah
Indonesia.
b) Weakness
(Kelemahan)
1. Produk
yang kami tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan
pengawet.
c) Opportunity(Peluang)
1. Banyak
penjual – penjual lain yang menjual produk yang sama menggunakan bahan
pengawet, sedangkan produk kami tidak menggunakan bahan pengawet atau zat – zat
berbahaya lainnya.
2. Kepuasaan
konsumen akan produk kami sudah teruji.
d) Threat
(Hambatan)
1. Produk
yang diperdagangkan berupa makanan tradisional dari raja semarang,
maka akan semakin tersingkir akibat maraknya makanan yang berbaur dari resep
luar negeri.
2. Produk
yang kami tawarkan belum banyak yang mengenal dikalangan masyrakat termasuk
masyarakat di luar daerah semarang, maka di awal mula usaha ini tidak kan
banyak pengunjung yang datang.
3.3 Struktur
Organisasi
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Tugas
|
1
|
Afando
|
Pemilik/Pemimpin
|
- Monitoring dan Evaluasi
-
Mengkoordinir kegiatan
-
Menyusun Perencanaan
|
2
|
Hendra
|
Sekretaris
|
- Menginventarisir semua
inventaris kekayaan lembaga
-
Membuat laporan bulanan
|
3
|
M.yakub
iskndar
|
Bendahara
|
- Mencatat semua transaksi keuangan
-
Menyusun Rencana Anggaran Belanja(RAB)
|
4
|
Samial saleh
|
Manajer
Produksi
|
- Menyiapkan sarana meja dan kursi
-
Menyiapkan Menu Makanan Tahu Rambutan
-
Mencatat jumlah produksi
-
Penyusunan rencana hasil dari target usaha
-
Meningkatkan kualitas hasil ternak.
|
5
|
Rido Novriadi
|
Manajer Pemasaran
|
- Menjalin relasi bisnis
-
Memasarkan hasil usaha
-
Mencatat dan mendata hasil dari
penjualan
Tahu Rambutan
|
BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
4.1 MODAL
Biaya
Produksi
Biaya
produksi merupakan semua biaya yang dikeluarkan untuk biaya pembuatan Rumah
makan, pembelian Sayur Mayur yang dibutuhkan/Bahan Makanan, pembelian Peralatan
Rumah Makan, Kendaraan dan peralatan lainnya. Biaya yang dikelurkan sebagai
berikut :
1. Biaya
Sarana Produksi
Sewa
Bangunan Pertahun Rp.12.000.000,-
2. Biaya
Prasana Produksi (Pembelian Pralatan)
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Harga
Satuan(Set)
|
Harga
Total
|
1.
|
Kursi dan Meja(1
set/2 kursi)
|
50
set
|
Rp.500.000,-
|
Rp.25.000.000,-
|
2.
|
Piring
|
150
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 2.250.000,-
|
3.
|
Piring Kecil
|
150
|
Rp. 5.000,-
|
Rp. 750.000,-
|
4.
|
Mangkuk Besar &
Kecil
|
250
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 3.750.000,-
|
5.
|
Hidangan
|
15
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 300.000,-
|
6.
|
Peralatan Masak
|
20
|
Rp. 30.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
7.
|
Kendaraan
|
2
|
Rp.15.000.000,-
|
Rp.30.000.000,-
|
TOTAL
|
Rp.62.650.000,-
|
1. Biaya
Bahan Produksi
No
|
Nama
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Harga
Total
|
1.
|
Udang
|
50
kg
|
Rp. 30.000,-
|
Rp.1.500.000,-
|
2.
|
Telur Ayam
|
200
|
Rp.1000,-
|
Rp. 200.000,-
|
3.
|
Tauge Panjang
|
20
kg
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 300.000,-
|
4.
|
Jahe
|
10
kg
|
Rp. 8.000,-
|
Rp. 80.000,-
|
5.
|
Bawang merah
|
15
kg
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 300.000,-
|
6.
|
Cabe Rawit
|
20
kg
|
Rp. 30.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
7.
|
Tepung Terigu
|
6
kg
|
Rp.10.000
|
Rp. 60.000,-
|
8.
|
Beras
|
60
kg
|
Rp.100.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
9.
|
Garam
|
2
pak
|
Rp. 20.000,-
|
Rp. 40.000,-
|
TOTAL
|
Rp.3.680.000,-
|
2. Gaji
Pegawai
Makanan
Tahu Gimbal membutuhkan 14 tenaga
kerja yang bertugas sebagai berikut :
· 6
orang bertugas Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran Biaya serta urusan
management(termasuk pimpinan).
5
orang bertugas sebagai Pelayan dan bertugas Memasak dan Belanja Sayur
Mayur.
3
orang Mengantar Pesanan.
· pemilik
usaha bertugas mengontrol keuangan usahanya.
Tenaga
kerja yang dibutuhkan dalam usaha ini minimal tamatan SMP, serta dapat bekerja
dengan ulet dan tekun.
14
orang x Rp.1.200.000,- = Rp.16.800.000,-
Total
Biaya Diam
Biaya
diam yang dimaksud adalah biaya yang dikeluarkan sekali saja saat mendirikan
usaha dan jika ingin mengelurkan biaya ini lagi membutuhkan waktu yang lama.
Biaya diam itu meliputi biaya sewa bangunan dan pembuatan prasarana produksi
termasuk pembelian peralatan. Total biaya diam yang digunakan adalah Rp.
12.000.000,- + Rp. 62.650.000,- = Rp. 74.650.000,-
Total
Biaya Bulanan
Biaya
bulanan yang dimaksud adalah biaya yang dikeluarkan tiap bulan untuk memenuhi
kegiatan usaha ini. Biaya Bulanan itu meliputi biaya bahan produksi dan
biaya gaji pegawai tiap bulannya.
Bahan:
Rp.3.680.000,-/hari x
30 hari = Rp.110.400.000,-/bulan
Gaji
:
14
orang x Rp.1.200.000,- = Rp.16.800.000,-
Total biaya
bulanan = By.bahan + By.gaji
=
Rp.110.400.000,- + Rp.16.800.000,-
=Rp.127.200.000,-
Kapasitas Produksi
Target
penjualan Holat dengan harga Rp.30.000,- per porsi, Sedangkan Pemesanan Via
Telpon atau Internet dengan Harga Rp.40.000,-. Dengan harga dan jumlah yang
telah dipaparkan, maka pendapatan per hari nya dapat dilihat pada table berikut
:
Pendapatan
Perhari
No
|
Nama
|
Jumlah/Hari
|
Harga
Satuan
|
Harga
Total
|
1.
|
Penjualan Diam
|
100 orang
|
Rp. 30.000.,- per
Porsi
|
Rp.3.000.000,-
|
2.
|
Penjualan
Bergerak/Pesanan
|
50 orang
|
Rp. 40.000,- per
Porsi
|
Rp.2.000.000,-
|
TOTAL
|
Rp.5.000.000,-
|
Demikian
rincian yang dikeluarkan sebagai modal usaha dan pendapatan setiap hari oleh
Makanan Tahu Gimbal..
4.2 PERHITUNGAN
KEUNTUNGAN
Pendapatan
Kotor
Perbulan =
Pendapatan perhari x 30 hari
=Rp5.000.000,-
x 30 hari
=Rp.150.000.000,-
Pendapatan
Bersih
Pendapatan =
Pendapatan Perbulan – total biaya bulanan
=
Rp.150.000.000,- – Rp. 127.200.000,-
=
Rp.22.800.000,-
Pendapatan
bersih yaitu menunjukkan total pendapatan pada Bulan pertama. Pada bulan-bulan
selanjutnya maka total pendapatan bisa saja bertambah karena sudah mampu
membuat pemasaran yang lebih bagus.
BAB V
PENUTUP
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan
pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya proposal usaha ini
akan membangun jiwa-jiwa usahawan terutama kepada para generasi muda dana juga
para Mahasiswa agar dapat berikir kritis, kreatif, dan sistematik secara ilmiah
yang memiliki etos kerja. Tujuannya Menambah semangat berwirausaha dan jiwa
bisnis, memiliki kesadaran pentingnya ilmu pengetahuan untuk mengembangkan
bisnis, menciptakan kerja dan Lapagan kerja dan memiliki cita-cita yang tinggi.
5.2 Saran
Saran
yang dapat saya sampaikan adalah dapat dikembangkannya
usaha-usaha baru baik usaha kecil dan menengah dengan minat kemauan dan
kemampuan wirausahawan dan menjalan kan usaa secara profesional agar tidak
terjadi kesengsaraan bagi masyarakat kecil kedepannya baik dari sekarang maupun
yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar